debian

Dua puluh empat bulan setelah Lenny tim pengembang proyek Debian  luncurkan versi 6.0 “Sequeeze” sesuai jadwal. Kecuali Debian GNU/Linux, pengembang yang sama juga merilis Debian GNU/kFreeBSD menggunakan kernel turunan BSD yang masih berstatus ujicoba.

Pada dasarnya Debian tidak menyertakan paket-paket aplikasi versi terkini, melainkan paket-paket software yang telah diujicoba secara rinci dan berjalan sangat stabil. Debian 6.0 dibangun diatas  kernel Linux 2.6.32 dan membawa segudang paket aplikasi yang dijamin seratus persen bebas dan kompatibel baik dengan Filesystem Hierarchy Standard v2.3 (FSH) maupun terhadap Linux Standard Base v3.2 (LSB).

Sistem Init kali ini memanfaatkan Upstart yang menjalankan skript booting secara paralel untuk mempercepat proses booting. Sistem Init System V yang digunakan sebelumnya masih tetap dipelihara dan mendapat dukungan dari tim pengembangnya karena merupakan bagian dari persyaratan LSB 3.2. Squeeze menyokong sistem-sistem berkas moderen Ext4 dan Btrfs untuk Linux, sementara untuk edisi kFreeBSD menggunakan sistem berkas Zettabyte Filesystem (ZFS).

Seiring dengan jadwal pengembangan yang panjang (2 tahun) dan jumlah komunitas pengembang yang besar, Squeeze membawa banyak pembaruan dan penyempurnaan teknis. Debian 6.0 menyertakan paket software versi X.Org 7.5, lingkungan Desktop KDE 4.4.5 dan Gnome versi 2.30. Kecuali itu disertakan desktop-desktop ringan seperti Xfce 4.6 dan LXDE 0.5 disamping banyak jenis Windowmanager alternatif lainnya. Pengembang Debian tidak melupakan pengguna Netbook dan menyertakan edisi KDE Plasma Netbook di lumbung repositorinya. Paket aplikasi utama lainnya yang disertakan adalah OpenOffice 3.2.1 untuk perkantoran dan Gimp 2.6.11 sebagai pengelola grafik.

Berkat stabilitas yang ditawarkan Debian, ia umumnya digunakan untuk server dan sebagai landasan untuk membangun distro-distro lainnya termasuk Ubuntu Linux. Debian Squeeze menyertakan paket-paket yang diperlukan termasuk basis data MySQL 5.1.49 dan PostGreSQL 8.4.6, kemudian server Apache 2.2.16, dan untuk pengembang disediakan versi Python 2.6.6, 2.5.5 dan 3.1.3, Perl 5.10.1, PHP 5.3.3, paket pengembangan Java OpenJDK 6b18 seperti juga Applikationsserver Tomcat 6.0.18. Mendukung Debian Squeeze tersedia tidak kurang dari 29.000 paket-paket software yang binari-nya dikemas masing-masing dalam 8 media DVD untuk setiap platform.

Proyek Debian juga memperluas distribusi “Custom Debian Distributions” yang diracik khusus untuk kelompok pengguna tertentu yang dan kini diganti namanya dengan “Debian Pure Blends”. Distro-distro Pure Blends mengandung paket-paket software yang disesuaikan untuk masing-masing kelompok pengguna seperti Debian Edu untuk pendidikan, DebiChem untuk bidang kimia, Debian GIS untuk pemetaan, Debian Med untuk kesehatan atau Debian Science untuk bidang sain.

Selebihnya silakan baca berita rilis Debian 6.0 Squeeze

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s